Rabu, 05 Agustus 2015

Contoh Teks Prosedur Kompleks Kain jumputan

Teks Prosedur Kompleks Kain Jumputan               
 Kain jumputan adalah sebuah karya seni, hasil dari kerajinan atau ketrampilan tangan pada sebuah kanvas berupa kain hasil proses pewarnaan dengan celup rintang. Kain jumputan ini bisa digunakan untuk taplak meja, kain pantai, kaos dan sebagainya. Jika Anda ingin membuat kain jumputan dapat dilihat sesuai prosedur dibawah ini:
A. Bahan-bahan yang digunakan:
·         Kain berjenis mori
·         Garam
·         Air panas
·         Pewarna kain dan water glass
B. Alat- alat yang digunakan:
·         Tali raffia
·         Kelereng
·         Kompor
·         Panci
·         Sendok kayu sebagai alat pengaduk
·         Ember
C. langkah-langkah membuat kain jumputan:
1)      Pertama,siapkan dan pastikan kain mori dalam posisi bersih! Setelah itu ikatkan kelereng pada kain mori sesuai motif dengan menggunakan tali raffia sampai benar benar kuat agar tidak lepas pada saat pencelupan.
2)      Kedua, rebuslah air menggunakan kompor dan panci hingga benar-benar mendidih.Setelah itu siapkan garam dan pewarna kain.
3)      Ketiga, campurkanlah garam, pewarna kain dengan air yang sudah mendidih didalam ember. Setelah dicampurkan aduk larutan tersebut dengan menggunakan sendok kayu supaya tercampur rata.
4)      Keempat, cucilah kain mori yang sudah diikatkan dengan kelereng dengan menggunakan air bersih. Lalu celupkan kain mori kedalam larutan warna, jika menginginkan satu warna maka celupkan seluruh bagian kain dan jika menginginkan lebih dari satu warna maka celupkan sebagian kain saja.
5)      Kelima, setelah itu aduk kain selama 20-30 menit supaya warna melekat pada kain dan tidak mudah pudar.
6)      Keenam, apabila pewarnaan sudah selesai maka kain siap diangkat dan bilaslah kain dengan air bersih dan water glass supaya warna kain melekat kuat.
7)      Ketujuh, setelah proses pembilasan selesai, lepaslah ikatan pada kain yang mengikat kelereng satu per satu. Lalu keringkan kain mori di bawah panas matahari.
8)      Kedelapan, setelah kering kain mori disetrika supaya lebih halus dan rapi.
9)      Kesembilan, kain jumputan sudah jadi dan siap untuk digunakan.
D. Penutup:

                Teks prosedur komplek tentang pembuatan kain jumputan dibuat untuk para pembaca yang ingin membuat kain jumputan sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar: